Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawpada Materi Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun Pelajaran 2011-2012
Abstract
Hasil  belajar  adalah  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  siswa  setelah  belajar,
rendahnya  hasil  belajar  siswa  disebabkan  karena  penerapan  metode  pembelajaran
yang  kurang  tepat. Dalam tes  pra  siklus pada  mata  pelajaran  IPS,  ditemukan  bahwa
siswa  yang  tuntas  dalam  belajar  ada  14  siswa  atau  38,89%,  sedangkan  siswa  yang
belum  tuntas  dalam  belajar  ada  22  siswa atau  61,11%. Hal  tersebut  menunjukkan
bahwa  hasil  belajar  siswa kelas IV-B SDN  Mojosari  03  Puger-Jember dalam  mata
pelajaran  IPS  masih  rendah,  karena belum  memenuhi  KKM  yang  disepakati.
Berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  guru  kelas  IV-B SDN  Mojosari  03  Puger-
Jember,  didapatkan  informasi  bahwa  proses  pembelajaran  yang  dilaksanakan  guru
masih bersifat konvensional dan monoton.
Salah  satu  upaya  untuk  mengatasinya adalah dengan  cara  memilih  model
pembelajaran yang  tepat.  Model  pembelajaran Cooperative  Learning merupakan
salah  satu  model  pembelajaran  yang  mendukung  pembelajaran  konstekstual,  salah
satunya  adalah  model    pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw. Berdasarkan
permasalahan  tersebut  peneliti  menentukan  rumusan masalah (a) Bagaimanakah
penerapan  pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw dalam  meningkatkan  hasil  belajar
mata pelajaran IPS materi jenis-jenis sumber daya alam pada siswa kelas IV-B SDN
Mojosari  03 Puger-Jember Tahun  Pelajaran  2011-2012 ?  (b) Bagaimanakah
peningkatan  hasil  belajar  IPS siswa  kelas  IV-B SDN  Mojosari  03  Puger-Jember
Tahun  Pelajaran  2011-2012 pada materi jenis-jenis  sumber  daya  alam dengan
menggunakan  pembelajaran  kooperatif  tipe Jigsaw ?. Tujuan  dari  penelitian  ini adalah (a) Mendiskripsikan  penerapan  pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw pada
siswa kelas IV-B SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 materi
jenis-jenis sumber daya  alam. (b) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas
IV-B SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 pada materi jenis-
jenis sumber daya alam dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan
Setting kelas IV-B SDN Mojosari 03 Puger-Jember , yang dilaksanakan pada tanggal
02 November 2011 sampai  09 November 2011 dalam dua siklus,  meliputi:
perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Teknik  pengumpulan  data  dalam
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan adalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pada  siklus  1,  persentase  ketuntasan
belajar siswa sebesar 52,78% yang  tergolong  belum  mencapai  ketuntasan  belajar
secara  klasikal,  sehingga penelitian  ini  dilanjutkan  pada  siklus  2, pada  siklus  2
langkah-langkah  yang  dilakukan  seperti  lebih  intensif  membimbing  kelompok  dan
memberi  penghargaan  yang  menarik,  sehingga  pada siklus  2 diperoleh persentase
ketuntasan hasil belajar sebesar 77,78% yang tergolong mencapai kentuntasan belajar
secara klasikal dengan peningkatan 25% dari siklus I.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV- B SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun
Pelajaran 2011-2012.
Saran yang  diberikan  peneliti  adalah  untuk  melaksanakan  strategi
pembelajaran  yang  bersifat Student  Centre maka  guru  dapat  memilih  metode
pembelajaran  kooperatif  tipe Jigsaw dalam  proses  belajar  mengajar  agar  hasil  yang
ingin  diperoleh  dapat  lebih  optimal.  Sedangkan  bagi  peneliti  lain,  diharapkan  dapat
mengembangkan  penelitian  ini  untuk  menemukan  sesuatu  yang  baru  dan  mengarah
pada  kebaikan  hingga  pada  akhirnya  benar-benar  dapat  bermanfaat  bagi  banyak
orang.
