Show simple item record

dc.contributor.advisorSLAMIN
dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.authorSULISTIYONO, Budi
dc.date.accessioned2021-05-20T02:38:26Z
dc.date.available2021-05-20T02:38:26Z
dc.date.issued2020-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104673
dc.description.abstractSaat ini proses pembelajaran di perguruan tinggi telah menerapkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa guna berperan aktif pada kegiatan pembelajaran. Mahasiswa akan berhasil dalam menyelesaikan masalah apabila ia menyelesaikannya secara terencana dan teratur dan dapat berinovasi dalam menyelasaikan masalah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan untuk pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif-inovatif mahasiswa yaitu research based learning (RBL). RBL merupakan metode pembelajaran yang menggunakan contextual learning, authentic learning, problem-solving, cooperativelearning, hands on & minds on learning, dan inquiry discovery approach. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatifinovatf mahasiswa pada suatu kegiatan pembelajaran yang berbasis RBL dalam menyelesaikan masalah rainbow antimagic coloring. Pada konsep rainbow antimagic coloring di graf, mahasiswa diharapkan mampu membuat penemuan terkait rainbow antimagic coloring. Perangkat yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid ditunjukkan dengan koefisien validitas rencana pembelajaran sebesar 3,64; lembar kerja mahasiswa sebesar 3,63, dan tes akhir riset sebesar 3,46. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan presentase keseluruhan rata-rata skor pada pertemuan pertama sebesar 94,25% dan pada pertemuan kedua sebesar 95%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori efektif berdasarkan presentase keseluruhan rata-rata skor aktivitas mahasiswa sebesar 90,05%, hasil presentase keseluruhan rata-rata skor ix respon mahasiswa sebesar 91,5%, dan mahasiswa yang tuntas dalam pembelajaan menggunakan model RBL sebesar 43% mahasiswa berada pada kategori sangat kreatif-inovatif, 25% mahasiswa pada kategori kreatif-inovatif, 15% mahasiswa pada kategori cukup kreatif-inovatif dan 11% mahasiswa pada kategori kurang kreatif-inovatif dan 6% mahasiswa pada kategori tidak kreatif-inovatif. Berdasarkan hasil analisis keterampilan berpikir kreatif-inovatif mahasiswa melalui post tes diperoleh data keseluruhan tingkat keterampilan berpikir kreatifinovatif mahasiswa. Dari 71 mahasiswa yang mengikuti pos tes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh persentase setiap indikator yaitu 41% termasuk tidak kreatif-inovatif, 20% kurang kreatif-inovatif, 17% cukup kreatif-inovatif, 11% kreatif-inovatif, dan 11% sangat kreatif-inovatif. Sedangkan pada kelas eksperimen 6% tidak kreatif-inovatif, 11% kurang kreatif-inovatif, 15% cukup kreatif-inovatif, 25% kreatif-inovatif, dan 43% sangat kreatif-inovatif. Potret fase keterampilan berpikir kreatif-inovatif yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu potret fase mahasiswa dengan keterampilan kurang kreatifinovatif, kreatif-inovatif, dan sangat kreatif-inovatif serta kombinasi potret fase dari ke tiga mahasiswa tersebut. Monograf yang dihasilkan pada penelitian ini berisi rangkuman hasil temuan peneliti dan mahasiswa berupa rainbow antimagic coloring dari graf tangga, graf berlian, graf bintang ganda, graf petasan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Research Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif- Inovatif Mahasiswa dalam Meneyeleaikan Masalah Rainbow Antimagic Coloringen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Research Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif-Inovatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Rainbow Antimagic Coloringen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record