PENENTUAN ALTERNATIF STRATEGI PERUSAHAAN KERIPIK BUAH INTI RASA DI KABUPATEN BLITAR
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Penentuan Alternatif Strategi Pemasaran
Dengan Analisis SWOT Pada Perusahaan Keripik Buah INTI RASA di
Kabupaten Blitar”. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman
(threat) pada Perusahaan INTI RASA serta untuk menentukan alternatif strategi
pemasaran yang tepat bagi Perusahaan INTI RASA.
Penelitian ini dilakukan secara deskriptif, dimana meninjau keadaan
pelaksanaan strategi pemasaran pada Perusahaan INTI RASA di Kabupaten Blitar
dan kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis matrik Strength,
Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Dalam pelaksanaannya, penulis
memperoleh data berdasarkan hasil penyebaran kuesioner dan hasil wawancara
dengan mengajukan pertanyaan kepada pihak yang berkaitan langsung dengan
masalah yang diteliti, yaitu pimpinan dan bagian-bagian yang mempunyai
hubungan langsung dengan segala kegiatan Perusahaan Keripik Buah INTI
RASA. Selain itu penulis juga melakukan observasi yaitu dengan cara
mengumpulkan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap kegiatan
yang ada pada perusahaan yang bersangkutan dan mencatat secara sistematis
terhadap obyek yang diteliti.
Dari pengolahan data secara kualitatif sesuai informasi dari obyek yang
diteliti dengan menggunakan analisis matrik Strength, Weakness, Opportunity,
Threat (SWOT), maka dapat diketahui bahwa Perusahaan Keripik Buah INTI
RASA berada pada Kuadran IV yaitu pada posisi stabilitas yang mengartikan
bahwa perusahaan harus mencari strategi yang tepat dalam pelaksanaan usaha.
Strategi yang layak dipakai adalah strategi Stabilitas (status quo) dimana strategi
yang ditetapkan tidak mengubah arah strategi sebelumnya yang telah diterapkan
oleh Perusahaan Keripik Buah INTI RASA.
Dari hasil tersebut maka dapat dibuat saran yang mungkin bermanfaat dan
dapat membantu pelaksanaan alternatif-alternatif stratregi perusahaan antara lain
strategi yang ditawarkan masih perlu dilakukan penelitian lanjut, tapi hasil
penelitian ini merupakan pandangan bagi perusahaan yang bertujuan untuk
meningkatkan volume penjualan. Selain itu pengembangan produk serta
pengarahan kepada karyawan harus terus dilakukan agar eksistensi perusahaan
tetap terjaga.