Analisis Independen Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Indeks kepuasan masyarakat
(IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil
pengukuran data secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh
pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan
dan kebutuhannya. Indeks kepuasan masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur
IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan,
kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas
pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan
keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal
pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Keempat belas unsur ini adalah
unsur yang relevan, valid, dan reliabel yang harus ada dalam pengukuran indeks kepuasan
masyarakat (IKM). Setiap pelayanan publik wajib melakukan pengukuran IKM secara berkala
dan hal ini juga berlaku bagi Rumah Sakit. Selanjutnya lokasi penelitian yang penulis pilih
adalah Rumah Sakit Umum Daerah Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo.
RSUD Waluyo Jati Kraksaan adalah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten
Probolinggo, merupakan rumah sakit kelas C yang berdiri di lahan seluas 35.000 m2. Rumah
sakit yang berkapasitas 192 tempat tidur ini didukung oleh sekitar 376 tenaga, baik pegawai
negeri maupun honorer. Tenaga yang dimaksud diantaranya adalah 28 dokter, 188 paramedis,
146 non medis dan 14 pejabat strukrural. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian mengenai
pengukuran indeks kepuasan masyarakat dikarenakan unit pelayanan di rumah sakit ini adalah
unit pelayanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.
viii
Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
sampel penelitian adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan sebanyak 98
orang/responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2012 di
RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara dengan kuesioner.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis meliputi: teknik wawancara, teknik
kuesioner dan teknik dokumentasi. Adapun data-data yang diperoleh penulis adalah berupa data
yang berkaitan dengan pendeskripsian wilayah, jumlah pasien, dan pelayanan yang disediakan
oleh pihak RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang dinyatakan dengan
angka-angka melalui alat ukur yang telah ditentukan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden,
sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori dewasa dini yaitu usia 18-40 tahun,
jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan mayoritas tergolong
pendidikan sedang (tamat SMP dan tidak tamat SMA) dan pekerjaan sebagian besar berprofesi
sebagai petani. Unsur IKM yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur keamanan pelayanan
dan unsur terendah adalah unsur kejelasan petugas pelayanan kenyamanan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 65,75 yang termasuk kategori baik.