PENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Hasil penelitian membuktikan bahwa kreativitas siswa dan prestasi belajar
kewirausahaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap
berwirausaha siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 3 Jember. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung > Ftabel yaitu 81,003 > 3,16
dengan taraf signifikansi 0,000ndan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,750 atau
75,0 %. Secara parsial diperoleh data bahwa prestasi belajar kewirausahaan (X2)
mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap sikap berwirausaha siswa. Hal
tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X1 = 5,175, dan X2 = 5,652. Selain
itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu
kreativitas siswa 35,46% dan prestasi belajar kewirausahaan siswa 39,47.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kreativitas siswa dan
prestasi belajar kewirausahaan memberikan kontribusi yang positif terhadap sikap
berwirausaha siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang mempunyai kreativitas tinggi
akan selalu mempunyai ide-ide yang baru dan akan selalu mencari tahu apa yang
tidak mereka ketahui sehingga mereka dapat menemukan peluang di masyarakat.
Prestasi belajar siswa yang tinggi akan selalu mempraktekkan apa yang mereka dapat
di sekolah.