Penerapan Manajemen Kelas Pada Sentra Persiapan DI TK Plus Al-Hujjah Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Peran guru membantu dalam memenuhi kebutuhan belajar dan minat anak di sekolah, dengan cara guru menyiapkan bahan belajar, lingkungan belajar yang menantang, menjadi fasilitator bagi anak dalam belajar di kelas dan membantu dalam menjawab atau menyediakan informasi maupun pengetahuan kepada anak.. Di dalam kelas guru sebagai manager yang sedang mengendalikan dan mengarahkan lingkungan kegiatan belajar. Guru mengetahui cara megelola dan mengatur kelas secara baik dengan sikap mengajar, akan tetapi di TK Plus Al-Hujjah pada sentra persiapan guru masih belum mampu untuk mengkondisikan kelas dan sikap guru yang belum maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen kelas pada sentra persiapan di TK Plus Al-Hujjah Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen kelas pada sentra persiapan di TK Plus Al-Hujjah Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan lokasi penelitian di TK Plus Al-Hujjah khususnya di kelas sentra persiapan, Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles & Huberman, aktifitas dalam analisis data meliputi Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan di sekolah yaitu lembaga sekolah sudah melaksanakan manajemen kelas pada sentra persiapan sudah cukup baik