IMPLEMENTASI METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pokok Bahasan Mengklasifikasi Tenaga Kerja Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lumajang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive,
yaitu pada kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lumajang. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berupa nilai rata-rata tugas pada
mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan mengklasifikasikan ketenagakerjaan siswa
kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Lumajang. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas
viii
XI IPS 4 tergolong Aktif. Secara individu nilai rata-rata tugas siswa sebesar 77,87
yang berarti sudah memenuhi KKM. Ketuntasan secara klasikal, untuk aktivitas
belajar siswa belum memenuhi standar ketuntasan, karena baru mencapai 70,59%.
Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Sangat Aktif,
sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 84.62 dan
aktivitas belajar sisawa secara klasikal mencapai 82,35% yang berarti seluruhnya
telah mencapai standar ketuntasan.