• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Manajemen Pengembangan Karier Tenaga Pendidik Di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MARISA PRIMA PUTRI - 160210205054.pdf (4.480Mb)
    Date
    2020-09-17
    Author
    PUTRI, Marisa Prima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan karier tenaga pendidik merupakan program kegiatan yang diikuti oleh tenaga pendidik untuk mempersiapkan diri menduduki jabatan yang lebih tinggi. Program pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilaksanakan setiap tahun dengan mengadakan pelatihan kepada guru, mengikutsertakan guru dalam organisasi IGTKI sehingga dapat menambah keterampilan dan pengetahuan guru. Pelatihan di TK Darus Sholah dilakukan setiap tahun contohnya dengan mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah yang dapat membantu guru mengembangkan karier sebagai tenaga pendidik. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai September di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data utama yaitu guru dan sumber data pendukung yaitu Kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dengan Judul “Manajemen Pengembangan Karier Tenaga Pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember” diperoleh bahwa secara keseluruhan tahapan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah telah terealisasikan dengan baik namun terdapat beberapa tahapan dalam evaluasi manajemen pengembangan karier tenaga pendidik yang belum terealisasikan di TK Darus Sholah jika dibandingkan dengan teori supervisi dan evaluasi manajemen pengembangan karier karena terdapat beberapa hal dalam aspek supervisi yang masih belum dilaksanakan di TK Darus Sholah. Perencanaan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan pada saat awal tahun ajaran. Perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat intern yang diikuti oleh Kepala sekolah dan guru di TK Darus Sholah. Rapat intern membahas tentang anggaran biaya yang akan digunakan selama satu tahun ajaran, program kegiatan sekolah yang akan diikuti oleh wali murid, tenaga pendidik, dan siswa-siswi TK Darus Sholah. Pengorganisasian manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan dengan membentuk struktur organisasi sekolah. Struktur organisasi sekolah meliputi waka kurikulum, waka kesiswaan, waka perpustakaan, waka sarpras, dan waka humas. Pelaksanaan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dengan mengikutsertakan guru dalam organisasi IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) dan PGTKMNU (Perkumpulan Guru TK Muslimat NU). Tenaga pendidik di TK Darus Sholah sebagian besar telah memiliki sertifikat mengajar dan memiliki NUPTK. TK Darus Sholah setiap tahun mengadakan program pelatihan untuk tenaga pendidik seperti pelatihan tentang karya tulis ilmiah yang ditujukan kepada guru-guru kelompok A dan B di TK Darus Sholah. Evaluasi manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi yang dilakukan di akhir semester dengan mengadakan rapat yang diikuti oleh guru di TK Darus Sholah. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu untuk sekolah diperlukan adanya peningkatan hubungan, dukungan, dan arahan yang baik antara Kepala sekolah dengan setiap guru di TK Darus Sholah. Bagi tenaga pendidik diperlukan adanya upaya untuk mengembangkan diri dengan terus belajar dan berlatih dengan demikian pengembangan karier dapat bertambah dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104232
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository