Pengaruh Metode Pembelajaran Outbound Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B DI TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosial emosional, bahasa dan komunikasi sesuai keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak. Salah satu bentuk kecerdasan yang perlu ditingkatkan dalam pendidikan anak usia dini yaitu kecerdasan kinestetik anak. Metode pembelajaran outbound dianggap mampu untuk membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik anak karena metode ini melibatkan gerak fisik anak yang dilakukan di ruangan terbuka sehingga anak dapat bergerak bebas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran outbound terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran outbound terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di kelompok B TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode outbound yang digunakan menerapkan empat siklus belajar eksperiensial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi