Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa PT. Kereta API Indonesia Daerah Operasional IX Jember
Abstract
Semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis jasa transportasi membuat
setiap perusahaan memperbaiki kualitas jasa dan pelayanan agar tetap bisa
bertahan dalam persaingan pasar. Masyarakat semakin selektif dalam memilih dan
menggunakan jasa transportasi yang akan digunkannya. Kualitas pelayanan
merupakan strategi kunci dalam berbagai bisnis jasa untuk unggul dalam
persaingan pasar. Peningkatan kualitas pelayanan sangat menentukan dalam usaha
menarik minat dan mempertahankan konsumen setiap perusahaan jasa
menawarkan sebuah pelayanan untuk di unggulkan dan menjadi pembeda dengan
perusahaan jasa yang lain.
Menciptakan kepuasan konsumen merupakan salah satu inti dari
pencapaian profitabilitas jangka panjang bagi perusahaan. Dengan terpenuhinya
kepuasan konsumen inilah perusahaan dapat semakin berkembang
mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Konsumen yang mendapatkan
pelayanan terbaik akan membuat bidang usaha mendapatkan kepercayaan dari
konsumen untuk menggunakan kembali jasa transportasi. Konsumen akan
memberikan penilaian positif pada perusahaan yang akan menjadi keuntungan
tersendiri bagi perusahaan. Kepuasan merupakan rasa yang ditimbulkan oleh
indiviidu yang telah membandingkan barang atau jasa yang telah digunakan.
Apabila jasa tersebut tidak sesuai dengan keinginan maka konsumen akan
kecewa, sebaliknya jika sesuai atau melebihi apa yang diinginkan oleh konsumen
maka konsumen akan merasa puas.
Kereta Api merupakan transportasi yang paling diminati oleh banyak
orang, masyarakat memilih KAI karena berbagai alasan seperti kemudahan dalam
memesan tiket, kenyamanan, anti macet dan lain-lain. Kepuasan konsumen
merupakan unsur yang sangat penting bagi konsumen .