dc.description.abstract | Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat
dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan saat ini. Era
revolusi industri 4.0 sangat berdampak di lingkungan sekolah yang mengharuskan
siswa melakukan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi.
Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan
pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi
motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media
pembelajaran berbasis teknologi dan informasi adalah video animasi yang
berisikan penjelasan materi melalui cerita kehidupan sehari hari. Mudahnya
penggunaan alat teknologi seperti Personal Computer (PC) merupakan dampak
positif dari perkembangan teknologi. Dari video animasi ini siswa dapat
mempelajari suatu materi dengan interaktif dan menyenangkan pada pembelajaran
matematika baik secara langsung maupun melalui kelas online.
Video animasi ini menyajikan suatu materi pembelajaran melalui cerita
kehidupan sehari hari pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV) yang terdiri dari 5 video pembelajaran animasi, yaitu: video
Pembelajaran Pengenalan awal, Pembelajaran sub pokok Eliminasi, Pembelajaran
sub pokok Substitusi, Pembelajaran sub pokok Grafik dan Pembelajaran sub
pokok Gabungan. Pembuatan video animasi (2D) ini menggunakan aplikasi
Software Sparkol (Videoscribe). Video animasi ini selain bisa di akses secara
offline bisa juga di akses secara online melalui kelas online yang sudah disediakan
(Google Clasroom). Sehingga siswa dapat belajar baik secara tatap muka maupun
secara E-Learning. Hal ini tentunya mempermudah siswa dalam belajar
matematika dirumah dikarenakan kondisi seluruh dunia tak terkecuali Indonesia
yang mengalami pandemi virus Covid-19, yang mengakibatkan tidak boleh keluar rumah dan berkumpul dalam kelompok skala besar. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran
animasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Proses
pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Plomp modifikasi yang
terdiri dari empat Fase, yaitu Fase Investigasi Awal, Fase Desain, Fase Realisasi,
Tes dan Evaluasi. Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP
1 Jember. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan video
pembelajaran animasi yang dikembangkan. Hasil pengembangan video
pembelajaran animasi pada penelitian ini sebagai berikut:
Pertama kriteria kevalidan dengan nilai koefisien korelasi pada video
animasi sebesar 0,91, termasuk dalam kategori valid dengan interpretasi sangat
tinggi. Kedua praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon siswa
dengan persentase 91,6% dan menjadikan video pembelajaran animasi
dikategorikan sangat baik Dan ketiga kriteria keefektifan ditunjukkan dengan
presentase hasil tes belajar siswa dalam kategori tuntas atau mendapat nilai lebih
dari sama dengan KKM adalah 80,95%, termasuk efektif melebihi kriteria
minimal keefektifan video pembelajaran animasi.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan
bahwa media pembelajaran matematika menggunakan video animasi pada materi
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) telah memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif | en_US |