Show simple item record

dc.contributor.advisorKristiana, Arika Indah
dc.contributor.advisorPratama M, randi
dc.contributor.authorFAIZIN, Ariyadi Nur
dc.date.accessioned2021-04-16T02:22:07Z
dc.date.available2021-04-16T02:22:07Z
dc.date.issued2021-01-26
dc.identifier.nim160210101008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104143
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan saat ini. Era revolusi industri 4.0 sangat berdampak di lingkungan sekolah yang mengharuskan siswa melakukan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi adalah video animasi yang berisikan penjelasan materi melalui cerita kehidupan sehari hari. Mudahnya penggunaan alat teknologi seperti Personal Computer (PC) merupakan dampak positif dari perkembangan teknologi. Dari video animasi ini siswa dapat mempelajari suatu materi dengan interaktif dan menyenangkan pada pembelajaran matematika baik secara langsung maupun melalui kelas online. Video animasi ini menyajikan suatu materi pembelajaran melalui cerita kehidupan sehari hari pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang terdiri dari 5 video pembelajaran animasi, yaitu: video Pembelajaran Pengenalan awal, Pembelajaran sub pokok Eliminasi, Pembelajaran sub pokok Substitusi, Pembelajaran sub pokok Grafik dan Pembelajaran sub pokok Gabungan. Pembuatan video animasi (2D) ini menggunakan aplikasi Software Sparkol (Videoscribe). Video animasi ini selain bisa di akses secara offline bisa juga di akses secara online melalui kelas online yang sudah disediakan (Google Clasroom). Sehingga siswa dapat belajar baik secara tatap muka maupun secara E-Learning. Hal ini tentunya mempermudah siswa dalam belajar matematika dirumah dikarenakan kondisi seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang mengalami pandemi virus Covid-19, yang mengakibatkan tidak boleh keluar rumah dan berkumpul dalam kelompok skala besar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran animasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Plomp modifikasi yang terdiri dari empat Fase, yaitu Fase Investigasi Awal, Fase Desain, Fase Realisasi, Tes dan Evaluasi. Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP 1 Jember. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran animasi yang dikembangkan. Hasil pengembangan video pembelajaran animasi pada penelitian ini sebagai berikut: Pertama kriteria kevalidan dengan nilai koefisien korelasi pada video animasi sebesar 0,91, termasuk dalam kategori valid dengan interpretasi sangat tinggi. Kedua praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon siswa dengan persentase 91,6% dan menjadikan video pembelajaran animasi dikategorikan sangat baik Dan ketiga kriteria keefektifan ditunjukkan dengan presentase hasil tes belajar siswa dalam kategori tuntas atau mendapat nilai lebih dari sama dengan KKM adalah 80,95%, termasuk efektif melebihi kriteria minimal keefektifan video pembelajaran animasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran matematika menggunakan video animasi pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektifen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectVIDEO PEMBELAJARAN ANIMASIen_US
dc.subjectSISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)en_US
dc.titlePengembangan Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Software Sparkol (Videoscribe) Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKA
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record