dc.description.abstract | Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan
menulis narasi siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember melalui penerapan
PAIKEM mengalami peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat
setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Sebelum dilaksanakan tindakan
pembelajaran siswa yang tergolong tuntas hanya siswa dengan nilai rata-rata. Pada
siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 13 siswa yaitu sebesar 61,9% dari
total keseluruhan dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69,3 atau belum
mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >70 sehingga perlu diadakan
perbaikan pada siklus berikutnya khususnya kemampuan menulis narasi siswa.
Menurut analisis pada siklus II, hasil belajar sebesar 86,4% siswa yang tuntas dan
ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79,1 atau lebih mencapai ketuntasan seperti
yang diharapkan yaitu >70 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II siswa
yang tergolong tuntas berjumlah siswa dengan nilai rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran
mata pelajaran lain aspek menulis bisa menggunakan penerapan PAIKEM karena | en_US |