dc.contributor.author | PRATAMA, Bintang Surya | |
dc.date.accessioned | 2021-04-09T01:51:31Z | |
dc.date.available | 2021-04-09T01:51:31Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104011 | |
dc.description.abstract | Hasil observasi pada tanggal 13 september 2019 di SDN Kepatihan
07 Jember menunjukkan bahwa guru dalam penerapan Kurikulum 2013
masih mendominasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang seharusnya
menuntut siswa aktif dan peran guru sebagai fasilitator masih kurang,
dikarenakan implementasi Kurikulum 2013 ini mulai diterapkan di Kelas 5
SDN Kepatihan 07 Jember pada tahun pembelajaran 2019/2020. Walaupun
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di kelas 5 SDN Kepatihan
07 Jember masih kurang maksimal dan siswa cenderung pasif dalam
beberapa kegiatan pembelajaran saintifik. Siswa masih pasif dalam
menanya, mencoba, dan masih terpusat dengan materi yang dijelaskan oleh
guru. Hal ini didukung hasil wawancara pada 15 Agustus 2019 yang
menunjukkan bahwa guru sudah berusaha membuat pembelajaran menjadi
aktif dan kreatif, namun kurangnya dukungan orang tua dalam hal
pendidikan siswa juga menjadi alasan kurangnya motivasi siswa dalam
belajar, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.subject | Pendekatan | en_US |
dc.subject | Saintifik | en_US |
dc.subject | Analisis | en_US |
dc.title | Analisis Proses Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Kepatihan 07 Jember | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR | |