| dc.contributor.advisor | SULTHON M. |  | 
| dc.contributor.advisor | SAPUTRI, Senny Weyara D. |  | 
| dc.contributor.author | JATI, Raden Roro Ardhati Tayang |  | 
| dc.date.accessioned | 2021-04-07T04:21:40Z |  | 
| dc.date.available | 2021-04-07T04:21:40Z |  | 
| dc.date.issued | 2020-12-15 |  | 
| dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103961 |  | 
| dc.description.abstract | Bermain peran merupakan salah satu metode atau cara yang dapat 
dilakukan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Bermain peran 
mengajarkan anak dalam bagaimana mengambil sebuah keputusan dan dan 
mempelajari berbagai macam watak dan karakter sehingga anak mampu 
membedakan watak dan karakter yang baik dan watak dan karakter yang buruk 
sehingga anak tahu watak dan karakter mana yang harus dia contoh dan ditiru 
anak.
Hal ini berkaitan dengan metode yang juga dilakukan di TK Cut Nyak 
Dien Kabupaten Jember ini dimana dalam mengembangkan kemampuan sosial 
anak guru di TK ini melakukan metode bermain bermain peran seperti dokter dokteran, koko, pasar-pasaran (jual beli), petani, ular tangga yang sebelumnya 
telah disiapkan oleh guru.Guru di TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember ini hanya 
bertugas mengawasi dan mendampingi anak dalam bermain peran yang 
sebelumnya telah guru telah memberikan arahan dan kebebasan kepada anak 
dalam memilih peran yang anak inginkan sesuai dengan tema bermain peran saat 
itu. Meskipun anak telah memilih peran yang mereka inginkan, tetap saja guru 
yang menentukan peran yang paling tepat untuk anak karena guru juga melihat 
kemampuan anak. Setelah anak selesai melakukan kegiatan bermain peran, guru 
melakukan evaluasi berupa tanya jawab kepada anak mengenai perasaan yang 
mereka rasakan setelah melakukan kegiatan bermain peran dan apa saja yang 
mereka pelajari saat kegiatan bermain peran berlangsung misalnya pesan yang 
dapat mereka tangkap. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, terdapat beberapa hal yang perlu 
diperbaiki misalnya guru perlu menyiapkan naskah drama yang lebih matang 
untuk guru dan naskah berupa gambar kepada anak, guru melengkapi media 
pendukung dalam bermain peran serta lebih memberikan kebebasan yang lebih 
kepada anak dalam bermain peran.
Dalam kegiatan bermain peran yang telah dilakukan di TK Cut Nyak Dien 
Kabupaten Jember ini telah dapat dilihat terdapat perubahan sosial yang dialami 
oleh anak dimana anak mampu melakukan hubungan sosial yang baik misalnya 
dapat menempatkan dirinya sesuai peran tokoh dan karakter yang sedang 
diamainkan anak mampu bekerja sama dengan temannya yang lain. | en_US | 
| dc.language.iso | Ind | en_US | 
| dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan  Fakultas Kejuruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember  2020 | en_US | 
| dc.relation.ispartofseries | 140210205038; |  | 
| dc.subject | metode bermain | en_US | 
| dc.subject | keterampilan sosial anak usia  dini | en_US | 
| dc.subject | anak usia  dini | en_US | 
| dc.title | Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap  Keterampilan Sosial Anak Usia Dini DI TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember  Tahun Pelajaran 2019/2020 | en_US | 
| dc.type | Thesis | en_US | 
| dc.identifier.kodeprodi | 0210205 |  |