Reformasi Pengelolaan Pasar Blambangan Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Sebagai upaya memperbaiki kualitas dan kuantitas pasar blambangan, 
Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi bersama 
UPT pasar blambangan serius untuk meningkatkan pengelolaan di pasar 
Blambangan Kabupaten Banyuwangi dengan cara memperbaiki atau mereformasi 
sistem pengelolaan pasar. yaitu dari segi pelayanan publik, sumber daya manusia, 
penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, pola pikir dan budaya kerja yang 
profesional. Upaya yang dilakukan oleh pengelola pasar berjalan dengan cukup 
baik, banyak perubahan baik dari segi pelayanan publik, sumber daya manusia, 
penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, pola pikir dan budaya kerja yang 
profesional. Selain itu upaya tersebut juga membuahkan hasil yaitu diraihnya 
juara 1 event festival pasar rakyat se Kabupaten Banyuwangi oleh pasar 
Blambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa 
reformasi pengelolaan pasar di pasar blambangan Kabupaten Banyuwangi. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan 
menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Penentuan informan 
menggunakan teknik purposive. Fokus penelitian ini adalah proses reformasi 
pengelolaan pasar di pasar blambangan Kabupaten Banyuwangi. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan 
dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber 
dan triangulasi teknik. Teknik penyajian dan analisis data menggunakan teknik 
analisis reduksi.
