Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi
Abstract
Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan, 
berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat 
berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah 
perkembangan yang diterima dengan baik dalam dunia pendidikan internasional, 
dimana perkembangan tersebut mengacu pada keterampilan kognitif, 
interpersonal, dan intrapersonal yang lebih tinggi. Keterampilan konitif meliputi 
pengetahuan, berpikir kritis, dan kemampuan penyelesaian masalah yang 
kompleks. Keterampilan interpersonal terdiri atas keterampilan kolaborasi dan 
komunikasi. Keterampilan intrapersonal terdiri atas belajar kompetensi dan pola 
pikir akademik. Untuk membiasakan dalam menerapkan keterampilan abad 21 
dikehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran 
yang berpusat pada siswa.
Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model 
pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create, and 
Communicate). Model pembelajaran ILC3 memiliki lima tahapan, yaitu tahap 
Identify, Literature review, Construct, Create, and Communicate. Tujuan 
penelitian pengembangan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, 
Construct, Create and Communicate) untuk meningkatkan keterampilan abad 21 
mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi sebagai berikut: a) mendeskripsikan 
model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and 
Communicate) yang valid untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa 
pada mata kuliah Bioteknologi, b) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 
(Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang praktis 
untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah 
Bioteknologi, dan c) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang efektif untuk 
meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and 
Development), yaitu mengembangkan model pembelajaran ILC3 dengan unsur unsur STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) untuk 
meningkatkan keterampilan abad 21 pada mahasiswa jenjang S1. Produk yang 
dihasilkan yaitu model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian 
dan pengembangan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian 
pengembangan produk menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 
4 tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan 
(develope) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diukur berdasarkan 
aspek valid, efektif dan praktis. Kevalidan model pembelajaran ILC3 diukur 
menggunakan validasi oleh validator.
Adapun hasil validasi model ILC3. rerata validasi pada panduan model 
pembelajaran, perangkat model pembelajaran dan materi keseluruhan dengan 
kategori sangat valid. Kepraktisan model pembelajaran ILC3 dapat didapatkan 
dari data kuantitatif dan kualitatif berupa hasil pengisian lembar keterlaksanaan 
pembelajaran oleh observer serta respon dosen dan mahasiswa terhadap model 
pembelajaran ILC3. Rerata keseluruhan uji keterlaksanaan pada uji kelompok 
besar sebesar 95,24% dengan kategori sangat praktis. Rerata respon dosen pada 
uji kelompok besar sebesar 93,65% dengan kategori sangat baik. Pada uji 
kelompok besar memiliki rerata sebesar 92,05% dengan kategori sangat baik.
Efektivitas model pembelajaran ILC3 dilihat dari hasil belajar kognitif 
mahasiswa. Didapatkan nilai N-gain sebesar 0,9 dengan kategori tinggi pada 
pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua didapatkan nilai N-gain 
sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Rerata hasil penilaian keterampilan berpikir 
kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi mahasiswa pada uji kelompok kecil dan 
uji kelompok besar berada pada kategori sangat baik.
