PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO
Abstract
Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor –
faktor bauran pemsaran jasa pendidikan tinggi terhadap kepuadan mahasiswa dan
untuk menganalisis faktor bauran pemasaran jasa pendidikan mana yang mempunyai
pengaruh utama terhadap kepuasan mahasiswa dalam memilih kliah di Universitas
Abdurachman Saleh Situbondo.
Jenis studi ini adalah explanatory yang terfokus pada hubungan antara
variabel-variabel dalam studi ini serta pengujian hipotesis yang telah dirumuskan
sebelumnya. Studi ini dilakukan di universitas abdurachman saleh situbondo dengan
terfokus pada mahasiswal. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder
yang digunakan adalah data survey dengan maksud untuk menjelaskan (explanatory
research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan variabel bauran
pemasaran jasa terpadu terhadap kepuasan dan loyalititas mahasiswa Universitas
Abdurachman Saleh Situbonda. Metode analisis data yang digunakan antara lain uji
normalitas data, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan pengujian
hopotesis.
Hasil studi menunjukkan bahwa variabel produk mempunyai pengaruh yang
positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel harga mempunyai pengaruh yang
negatif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel promosi mempunyai nilai positif atau
pengaruh yang positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel tempat/lokasi
mempunyai nilai negatif atau pengaruh yang negatif terhadap kepuasan mahasiswa.
variabel personil mempunyai nilai negatif atau pengaruh yang negatif terhadap
kepuasan mahasiswa. variabel proses mempunyai nilai positif atau pengaruh yang
positif terhadap kepuasan mahasiswa. variabel bentuk fisik mempunyai pengaruh
yang positif terhadap kepuasan mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa semua variable
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa universitas abdurachman saleh
situbondo.