Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Kober Mie Setan Jember
Abstract
Berdasarkan hasil analisis pembahasan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1. Variabel bauran pemasaran yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
variabel kepuasan konsumen hanya variabel produk dengan nilai signifikansi
sebesar 0.008, kemudian variabel harga dengan nilai 0.036 dan variabel proses
dengan nilai 0.040 dan nilai R Square sebesar 22%. Hal ini menunjukan
bahwa variabel produk, harga, dam proses yang memiliki pengaruh secara
simultan terhadap kepuasan konsumen Kober Mie Setan Jember. Sedangkan
empat variabel lainnya yang terdiri dari Variabel Tempat memiliki nilai
signifikansi sebesar 0.353, kemudian Variabel Promosi dengan nilai
signifikansi 0.311, kemudian Variabel Orang atau Karyawan dengan nilai
signifikansi sebesar 0.973, dan yang terakhir adalah Variabel Tampilan Fisik
dengan nilai signifikansi sebesar 0.096 menunjukan bahwa dari ke-4 variabel
tersebut tidak memiliki hubungan terhadap kepuasan konsumen Kober Mie
Setan Jember
2. Pada penelitian ini variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan hanya
variabel produk,harga dan karyawan. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner yang
di isi oleh masing-masing responden dan menyatakan bahwa produk Kober
Mie Setan memiliki cita rasa yang khas dan tidak dapat ditemukan pada outlet
penjual produk yang serupa. Hal ini menjadikan masyarakat lebih memilih
untuk membeli produk Kober Mie Setan Jember sebagai produk kuliner
olahan mie favorit di Kota Jember.