Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Earning Management pada Emiten Industri Barang Konsumsi di BEI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari faktor-faktor
dalam teori fraud diamond terhadap earning management pada emiten sektor industri
barang konsumsi. Faktor-faktor tersebut terdiri dari pressure (financial stability, leverage,
personal financial need, financial target), opportunity (nature of industry, ineffective
monitoring), rationalization, capability. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah 80 data keuangan dari 20
emiten yang terpilih selama periode 2015-2018 dengan berdasarkan kriteria yang
ditetapkan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic descriptive,
uji kualitas data,uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis yang terdiri dari metode
analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. hasil penelitian
menunjukkan bahwa leverage dan financial target berpengaruh terhadap earning
management, sedangkan financial stability, personal financial need, nature of industry,
ineffective monitoring, rationalization, capability tidak berpengaruh terhadap adanya
earning management