Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Sertapersonal Sellingterhadap Kepuasan Pelanggan Alat Musik Hangdrum di Toko Online hangdrum.ID
Abstract
Alat musik tentu saja semakin berkembang selaras dengan perkembangan
teknologi dan waktu. Seniman, musisi, hingga profesormusik mengembangkan
alat musik dengan berbagai macam bentuk dan bunyi, hingga mengenalkan Saya
kepada alat musik yang bernama hangdrum. Hangdrum termasuk kedalam kelas
idiophone, atau instrument yang menghasilkan bunyi dengan cara getaran, tanpa
strings. Hangdrum menghasilkan bunyi seperti gong, gamelan, kendang, hingga
lonceng. Pada dasarnya hangdrum ini terdiri dari dua lapisan baja yang digabung
dan dirapatkan sehingga berbentuk seperti piring terbang. Setiap bagian memiliki
fungsi-fungsinya dengan bunyi-bunyian yang dihasilkannya. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji apakah kualitas produk, dan harga serta personal selling
terhadap kepuasan pelanggan di toko online hangdrum.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory, populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernahmengunjungi situs resmi toko
online dan media social yang telah disediakan oleh pihak hangdrum.id.Sampel
pada penelitian ini berjumlah 110 responsen yang diambil dengan menggunakan
teknik sampling insidental (accidental sampling). Alat analisis dalam penelitian
ini uji asumsi regresi linear berganda pendekatan confirmatory (CFA).
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut: Kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Variabel Kualitas Produk
(X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada konsumen yang membeli alat musik
Hangdrum di toko online Hangdrum.id (H1 diterima). Harga mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga hipotesis yang
menyatakan bahwa Variabel Harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada
konsumen yang membeli alat musik Hangdrum di toko online Hangdrum.id (H2
diterima). Personal Selling mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Variabel
Personal selling (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada konsumen yang
membeli alat musik Hangdrum di toko online Hangdrum.id memiliki koefisien
regresi positif sebesar 1.857 dengan C.R sebesar 2,133 dan probabilitas (p)
sebesar 0,033. Sehingga probabilitas (p) sebesar 0,033. Sehingga, hipotesis yang
menyatakan bahwa Variabel Personal selling (X3) terhadap kepuasan pelanggan
(Y) pada konsumen yang membeli alat musik Hangdrum di toko online
Hangdrum.id (H3 diterima).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, personal selling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan