Pengaruh Word of Mouth, Sosial Media dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Warkop Cak Kebo Jember
Abstract
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Banyak sekali ditemukan usaha-usaha baru yang dilatar belakangi adanya era globalisasi. Menjadi seorang pengusaha merupakan salah satu pekerjaan yang diidolakan sebagian besar masyarakat Indonesia. Peminat usaha tidak hanya kalangan masyarakat perkotaan, bahkan di daerah pedesaan sebagian penduduknya tidak sedikit yang mengembangkan suatu usaha. Diantara beragam jenis bisnis, salah satu bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Pertumbuhan bisnis kuliner juga terjadi di Kota Jember. Di Jember banyak sekali ditemukan bisnis kuliner seperti warung makan, lesehan pinggir jalan, juga warung kopi. Salah satu warung kopi yang selalu ramai dikunjungi pengunjung yaitu “Cak Kebo”. Warkop Cak Kebo memiliki keunikan tersendiri dalam konsep penjualannya. Tidak seperti warkop pada umumnya, konsep warkop ini berupa angkringan yang dikolaborasikan dengan cafe. Menu yang ditawarkan pun perpaduan dari menu angkringan dan cafe. Berbagai strategi dilakukan Warkop Cak Kebo Jember guna menarik para konsumen, dalam penelitian ini faktor yang diteliti antara lain yaitu word of mouth, sosial media dan lokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, sosial media dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Warkop Cak Kebo Jember. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden yang merupakan konsumen dari Warkop Cak Kebo Jember yang memenuhi kriteria sampel antara lain yaitu berusia minimal 17 tahun dan pernah melakukan pembelian di Warkop Cak Kebo Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth, sosial media dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Warkop Cak kebo Jember. Word of mouth yang disampaikan oleh konsumen Warkop Cak Kebo Jember cenderung merupakan informasi yang positif sehingga konsumen bersedia melakukan keputusan pembelian pada Warkop tersebut.Sosial media yang digunakan Warkop Cak Kebo Jember berupa facebook dan instagram dianggap efektif karena dapat menjangkau berbagai kalangan luas sehingga banyak calon konsumen yang mengetahui tentang Warkop tersebut.Lokasi Warkop Cak kebo Jember dianggap sudah strategis dan mudah ditemukan sehingga konsumen tidak ragu untuk datang berkunjung dan melakukan pembelian di Warkop tersebut.