Show simple item record

dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.advisorSAPUTRI, Senny W. Dienda
dc.contributor.authorANGGRAENI, Shafira Widhia
dc.date.accessioned2021-03-18T04:27:54Z
dc.date.available2021-03-18T04:27:54Z
dc.date.issued2021-01-28
dc.identifier.nimNIM160210205101
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103424
dc.description.abstractPada usia prasekolah, anak berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini disebut juga dengan istilah masa keemasan di mana stimulasi seluruh aspek perkembangan anak berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Salah satunya adalah aspek perkembangan yang penting adalah perilaku sosial. Perilaku prososial merupakan salah satu komponen yang sangat signfikan dalam mengembangkan keterampilan sosial. Perilaku prososial adalah perilaku yang mencerminkan kepedulian atau perhatian dari seorang individu ke orang lain. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner awal, didapatkan bahwa sebagian besar anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan memiliki perilaku prososial yang tinggi, serta sebagian anak yang memiliki perilaku prososial juga sering melihat tayangan film kartun kategori anak-anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh intensitas menonton film kartun anak-anak terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton film kartun anak-anak terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu Al Furqan Jember selama 3 minggu. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan murid yang berusia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan yang berjumlah 75 anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian kausal komparatif (ex post facto) dengan menggunakan rumus independent sample t-test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner kepada orangtua peserta didik dan metode dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t-test), didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,627 yang berarti lebih besar dari patokan 0,05. Maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, tidak ada pengaruh intensitas menonton film kartun terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Ada beberapa hal yang dapat menjelaskan hasil penelitian ini yang menyatakan bahwa intensitas menonton film kartun anak-anak tidak berperan signifikan dalam mempengaruhi perilaku prososial anak. Beberapa faktor lain tampaknya lebih mempengaruhi perilaku prososial dibandingkan dengan intensitas menonton film kartun anak-anak, seperti budaya dan sistem pendidikan sekolah dalam mengembangkan perilaku prososial anak, karena memang PAUD Terpadu Al Furqon memiliki program pembiasaan perilaku prososial yang diistilahkan sebagai perilaku “beramal”. Selain itu, beberapa kelemahan penelitian dapat mengurangi akurasi hasil, seperti alat dan teknik pengumpulan data yang berupa pengisian kuesioner dan diisi oleh orangtua, sehingga rentan terjadi subyektifitas jawaban orangtua.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPerilaku Prososialen_US
dc.subjectIntensitas Menontonen_US
dc.subjectAnak Prasekolahen_US
dc.subjectperilaku sosialen_US
dc.titlePengaruh Intensitas Menonton Film Kartun Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
dc.identifier.kodeprodi0210205


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record