• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Stem Dengan Media Penjernih Air Terhadap Hasil Belajar Materi Manfaat Air Kelas V Di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    160210204054.pdf-.pdf (4.865Mb)
    Date
    2020-10-21
    Author
    DAMA, Kristina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di SD memberikan pengalaman yang nyata dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Realitanya masih banyak siswa yang kesulitan dalam pembelajaran IPA sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar IPA dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran. Cara yang dapat diterapkan salah satunya dengan menggunakan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM dengan Media Penjernih Air terhadap Hasil Belajar Materi Manfaat Air Kelas V di Sekolah Dasar”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM dengan Media Penjernih Air terhadap Hasil Belajar Materi Manfaat Air Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balung Lor 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Responden pada penelitian ini adalah seluruh kelas V semester genap di SDN Balung Lor 03 Jember tahun ajaran 2019/2020. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t (t-test) untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Kedua kelas sebelum diberikan perlakuan, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan nilai UTS tema 7. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui x setara atau tidaknya kedua kelas sebelum dilaksanakan penelitian. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji levene dengan bantuan software SPSS versi 22.0, diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,96 < 1,13, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas homogen sebelum dilakukan penelitian. Kedua kelas dinyatakan homogen, dilakukan penentuan kelas eksperimen dan kontrol. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Tahap selanjutnya dengan menganalisis data dari hasil nilai pre-test dan post-test dengan bantuan software SPSS versi 22, diperoleh thitung > ttabel yaitu (6,027 > 2,008). Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM dengan media penjernih air dibandingkan dengan hasil belajar kelas V tanpa menerapakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM dengan media penjernih air. Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM dengan media penjernih air ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang inovatif bagi guru, serta dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103401
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository