Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) disertai Video Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika Di SMA
Abstract
Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal. Proses pembelajaran fisika di SMA dengan menggunakan saintifik terdiri atas 5 pengalaman belajar pokok, yang terdiri dari: 1) mengamati; 2) menanya; 3) mencoba; 4) mengasosiasikan/ mengelola informasi; 5) mengkomunikasikan. Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran, setiap guru dituntut untuk benar-benar memahami model pembelajaran yang akan diterapakan. Oleh karena itu, peran guru disini sangatlah penting. Guru harus pintar dan kreatif dalam membawakan pembelajaran fisika yang terkesan sulit. Sehingga, perlu diterapkan metode atau model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model PBL disertai video berbasis kontekstual terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran problem based learning disertai video berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMA. (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran problem based learning disertai video berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMA.