Show simple item record

dc.contributor.authorLAILATUL FADILLAH
dc.date.accessioned2013-12-19T04:08:14Z
dc.date.available2013-12-19T04:08:14Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM090210204140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10320
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti pada hari Selasa tanggal 22 Juli 2011, kondisi pembelajaran IPS di SDN Sukorejo 02 menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran IPS dikarenakan beberapa hal salah satunya pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Hal-hal tersebut dapat berdampak pada kurangnya peran aktif siswa,dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi dengan menggunakan metode bermain peran di SDN Sukorejo 02 Tahun Pelajaran 2011/2012?. Bertitik tolak dari fokus penelitian diatas, Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi dengan menggunakan metode bermain peran di SDN Sukorejo 02 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak, diantaranya adalah sebagai berikut : (1) Bagi guru, (2) Bagi sekolah, (3) Bagi peneliti, (4) Bagi Program S1 PGSD FKIP Universitas Jember. Penelitian ini di lakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran di SDN Sukorejo 02 tahun pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil, tanggal 4 November sampai 12 November 2011 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian menggunakan model skema spiral dari Hopkins melalui empat fase yaitu : perencanaan, tindakan, obeservasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, dimana setiap siklus untuk mencapai tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari hasil belajar sebelumnya melalui metode role playing. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan hasil belajar dari 23 siswa, terdapat 10 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individu. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,69. Tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat dari 28 menjadi 50,9. Langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi kendala-kendala yang timbul pada siklus I yang nantinya akan diterapkan pada siklus II adalah guru menjelaskan kembali tahapan-tahapan dari penerapan metode bermain peran. Dalam pengaturan waktu sebaiknya guru memanfaatkan waktu sebaik mungkin.Pelaksanaan siklus II diikuti oleh 33 siswa dengan menggunakan metode bermain peran pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi. Ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus II ini sebesar 84,84% sedangkan tingkat motivasi belajar siswa meningkat dari 50,9 menjadi 62,7 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal. Perolehan data ini memperkuat hasil dari tindakan siklus I dan siklus II sehingga tidak perlu diadakan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Sukorejo 02 pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi semester I tahun ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. Siswa lebih aktif, dapat bekerja dengan kelompok dan tidak malu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Bagi peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204140;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN SUKOREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record