dc.description.abstract | Kegiatan belajar mengajar di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember kurang
meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan
hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas IV dalam kegiatan
pembelajaran seharí-hari yang dilakukan oleh guru adalah dengan menjelaskan secara
lisan, menulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar,
namun hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Ketika guru memberi latihan soal,
sebagian besar siswa malas untuk mengerjakannya. Mereka mengatakan malas
mengerjakan karena harus membaca di buku teks dan juga mengatakan kurang bisa
menjawab karena jawabannya tidak ada di buku serta mereka mengatakan kurang suka
belajar IPS karena harus menghafalkan konsep yang panjang. Oleh karena itu, guru harus
membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe scramble digunakan dalam penelitian ini untuk
membangun suasana belajar yang semula berpusat pada buku teks menjadi berpusat
penerapan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat siswa lebih berminat untuk
mempelajari pelajaran IPS dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih bermakna
sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pokok bahasan
kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble
pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut
maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin meningkatkan aktivitas belajar siswa
dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01
Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Ingin meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV
SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten
Jember yang terdiri dari 26 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data
dilakukan mulai tanggal 5 Agustus 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011 dengan subjek
penelitian siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember. Data yang
dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase
aktivitas belajar siswa sebesar 46,63% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II
sebesar 62,02% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
61,35% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 53,85%. Pada siklus II, hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 71,35%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,31%
sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Keting 01
Jombang Kabupaten Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan kenampakan alam dan
sosial budaya. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
15,39%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10% dan ketuntasannya
sebesar 38,46%. Oleh karena itu penelitian di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember
tuntas. Saran untuk penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe scramble
dapat digunakan sebagai model alternatif untuk mengembangkan model pembelajaran IPS. | en_US |