dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Patrang
Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara alain ; metode pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh
karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada
hasil belajar siswa yang rendah. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu
bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui
metode simulasi pada mata pelajaran IPS dengan materi Sikap Kepahlawanan Dan
Patriorisme SDN Jomerto 02 Patrang Jember Tahun Pelajaran 2011 – 2012 .
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan belajar siswa
kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan metode simulasi yang memiliki 3
tahap pelaksanaan, yaitu : a) persiapan simulasi, b) pelaksanaan simulasi dan c)
Penutup. Proses Pembelajaran dirancang dalam beberapa kali pertemuan mulai
dari pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011 – 2012. Jumlah siswa 27 orang,
terdiri dari 14 orang perempuan dan 13 orang laki-laki.. Desain penelitian ini
adalah Classroom Action Research (PTK). Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes
akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran
dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode Simulasi, jawaban guru
dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2011 s.d 18 November 2011 dalam dua
siklus yang masing-masng siklus meliputi tahap planning, observation, action,
dan reflection..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas
siswa ( ) = 64%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan
p
a
belajar sebesar 67% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%,
sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2.
Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( ) = 73%, yang tergolong aktif
dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 93%,
yang tergolong telah
mencapai kentuntasan belajar secara klasikal.
p
a
Berdasarkan hasil tindakan dan pembahasan maka dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode simulasi pada
mata pelajaran IPS pokok bahasan Sikap kepahlawanan Dan Patriotisme dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jomerto 02
Kecamatan Patrang Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan
penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan menerapkan pembelajaran
menggunakan metode Simulasi sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif
strategi pembelajaran di kelas, guru harus lebih selektif memilih materi materi
yang cocok untuk pembelajaran menggunakan metode simulasi, agar hasil belajar
yang dicapai maksimal maka guru harus mempersiapkan media pembelajaran dan
bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang
memahami materi, guru lebih menguasai prinsip-prinsip menyelenggarakan
pembelajaran menggunkan Metode Simulasi agar dapat mencapai hasil yang
maksimal dan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru serta peneliti lain
dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran di kelas. | en_US |