• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Kaw Imam Muttaqin_1.pdf (240.2Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Kaw Imam Muttaqin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai mata pelajaran IPA di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep IPA sulit dimengerti anak sehingga berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan metode ini anak diharapkan akan cepat mengerti tentang konsep-konsep dalam IPA yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah ini adalah (1) bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, (2) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. viii Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ajung 02 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada tangggal 22 Oktober sampai dengan 2 November 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode dalam penelitian ini adalah dengan metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya pendekatan inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Data dalam penelitian dapat diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian pada siklus menunjukkan bahwa, persentase aktivitas siswa ( p ) = 58,33%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 60% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar a secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( p ) = 68,05%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 80%, yang tergolong a telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ajung 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai 5 komponen langkah-langkah dalam metode inkuiri agar dapat mencapai hasil yang maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10317
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository