Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Dunia Tumbuhan pada Siswa Kelas XI di MA AN-NUR Rambipuji Jember)
Abstract
Temuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas XI MA AN-NUR
Rambipuji Jember nilai siswa pada mata pelajaran Biologi terdapat 72% siswa belum
mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan
oleh pembelajaran berpusat pada guru. Rendahnya kualitas pembelajaran salah satu
penyebabnya yaitu interaksi dalam belajar masih terpaku pada guru dan siswa pasif.
Dalam proses pembelajaran hanya terjadi pemberian informasi dari guru kepada
siswa, sedangkan siswa hanya menerima, mencatat dan mendengarkan apa yang
disampaikan oleh guru. Hal ini merupakan hal yang membuat siswa tidak terlibat
aktif dalam proses pembelajaran. Melihat permasalah tersebut, perlu adanya
perbaikan supaya masalah pembelajaran dapat diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran
Guided Inquiry di kelas X 1 MA AN-NUR Rambipuji Jember.