dc.description.abstract | Melalui pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang
relevan dengan kepentingan serta tingkat usianya, karena anak kelompok usia 7-11
tahun berada dalam perkembangan kemampuan intelektual tingkat operasional
konkrit. Pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 20 juli 2011 terhadap
masalah belajar siswa di SD Negeri Tempurejo 01 adalah rendahnya motivasi belajar
siswa kelas V dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang tergolong dalam kategori rendah yaitu
55,2 %, perolehan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM
yang ditetapkan oleh Sekolah. Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut tidak
terlepas dari penggunaan metode pembelajaran yang dipakai guru tidak
menyesuaikan dengan perkembangan siswa dan karakteristik pelajaran. Model
Selecting, Organizing, integrating (SOI) relevan untuk dikembangkan dalam
pendidikan IPS di SD, melalui pendekatan SOI diharapkan para siswa dapat
mengkonstruksi pengetahuan yang sesuai dengan kepentingan serta tingkat usianya
sekaligus dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan latar
belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada
siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran
2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan
Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN
Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran
IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di
Indonesia ?
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan
personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa kelas V
Semester I SDN Tempurejo 01 Semester I Kabupaten Jember tahun pelajaran
2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Kerajaan
Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
Tempurejo 01 kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 40
siswa, 19 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif .
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Nopember sampai 05 Desember
2011. Data yang dikumpulkan berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil
pengamatan peneliti diperoleh persentase motivasi siswa pada kegiatan prasiklus
adalah 55,2%, siklus I adalah 66,7% dan Siklus II sebesar 74 %. Berdasarkan
ketuntasan hasil belajar siswa pada tes prasiklus adalah 61,3%, siklus I sebesar 71,2%
dan Siklus II sebesar 76,6%. Analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II
menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar
IPS.
Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran(SOI) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas V
pokok bahasan Peninggalan sejarah Hindu, Buddha, Islam di Indonesia. Dengan
melihat adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, diharapkan personal
sekolah khususnya guru dapat menggunakan pembelajaran Selecting, organizing,
integrating (SOI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran
yang sama di dalam kelas serta dapat digunakan peneliti lain sebagai masukan untuk
melakukan penelitian sejenis yang lebih lanjut tentang pembelajaran IPS
menggunakan model belajar SOI. | en_US |