Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Store Atmosphere Melalui Emosi Positif Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Usupso Roxy Square Jember.
Abstract
Munculnya pusat perbelanjaan ritel modern saat ini merupakan salah satu
fenomena yang disebabkan oleh pola kehidupan masyarakat yang konsumtif yang
muncul karena pada dasarnya masyarakat ingin mencari kesenangan atau bisa
diartikan dengan kata “hedone”. Kesenangan tersebut bisa didapatkan melalui
berbagai cara seperti menikmati hiburan, salah satunya adalah kegiatan belanja.
Ritel Usupso Roxy Square Jember merupakan ritel yang berdiri sejak bulan
Desember 2017 yang berlokasi di dalam Mall Roxy Square Jember Jl. Hayam
Wuruk No. 50-58, Gerdu, Sempusari, Kecamatan Kaliwates. Produk-produk yang
ditawarkan Usupso meliputi produk peralatan rumah tangga, aksesoris, produk
kecantikan dan lain sebagainya yang berlisensi jepang sehingga masyarakat
menganggap bahwa produk-produk tersebut sangat menarik untuk dijadikan
koleksi atau untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu
Usupso Roxy Square Jember memiliki desain interior yang simpel, modern, bersih
dan nyaman dengan pencahayaan yang baik. Adanya fenomena pada penelitian ini
bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi impulse
buying pada produk-produk yang ditawarkan oleh gerai Usupso Roxy Square
Jember dengan menggunakan emosi positif sebagai variabel intervening antara
variabel hedonic shopping motivation dan store atmosphere.