• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SDN ROWOTAMTU 02 TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Farida Tri Agustianingsih_1.pdf (166.4Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Farida Tri Agustianingsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Kecamatan Rambipuji dalam memahami unsur-unsur intrinsik cerita rakyat (legenda). Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru kurang mengarahkan siswa untuk dapat belajar dan memahami unsur–unsur instrinsik cerita rakyat dengan baik serta kurang memotivasi siswa untuk semangat belajar. Guru hanya membacakan cerita didepan kelas kemudian menugasi siswa mengerjakan soal yang ada dibuku. Pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai seseorang bila ingin mudah memahami cerita rakyat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dalam pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dengan temannya. Model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Berdasarkan paparan diatas dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsurunsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 semester ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012 ? dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 tahun pelajaran 2011-2012 dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 tahun pelajaran 2011-2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 11-25 November 2011 di SDN Rowotamtu 02 Kecamatan Rambipuji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat dimulai dengan pembacaan cerita didepan kelas, siswa menulis catatan-catatan kecil untuk dibawa ke forum diskusi dalam kelompoknya, membentuk kelompok secara heterogen sesuai dengan tingkat kognitif siswa untuk mengerjakan LKK. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat siswa SDN Rowotamtu 02 tahun pelajaran 2011-2012 yaitu pembelajaran kooperatif tipe TTW yang dilakukan dengan menerangkan kembali aspek yang belum dipahami siswa, guru membacakan cerita didepan kelas 2 kali, dan pemantapan yang dilakukan pada siklus III maka hasil belajar siswa menjadi meningkat. 2) peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemahaman unsur-unsur intrinsik cerita rakyat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write)pada siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 50% , siklus II mencapai 75% dan pada siklus III mencapai 95% (tuntas). Saran bagi guru, model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa lebih mudah dalam memahami unsur-unsur intrinsik cerita rakyat (legenda) dan sebagai tambahan pengetahuan model-model pembelajaran agar dapat digunakan juga dalam mata pelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10297
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository