Pengaruh Motivator Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik (Teori Herzberg) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Penjualan Pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember
Abstract
Sumber Daya Manusia merupakan aspek yang paling potensial untuk
menyiapkan keberhasilan perusahaan kedepan. Sumber Daya Manusia yang
unggul dan mempunyai kompetensi yang tinggi akan memberikan dampak yang
positif bagi perusahaan demi menjaga keberlangsungan perusahaan. Nilai-nilai
yang dibangun di dalam diri seorang karyawan akan berdampak pada kepuasan
kerja sehingga menimbulkan hasil kerja yang baik. Motivasi sangat diperlukan
bagi karyawan demi kepuasannya dalam bekerja di perusahaan. Sebuah
perusahaan harus mempertimbangkan kondisi karyawan pada saat peningkatan
pelayanan. Rasa puas dalam bekerja dapat diperoleh dari motivasi yang diberikan
suatu perusahaan.
Perusahaan PT. Roda Sakti Surya Megah Jember yang memliki banyak
jumlah karyawan yang tersebar di wilayah Jember mempunyai motivasi yang
berbeda-beda dalam hal kepuasan bekerja. Namun, ada beberapa faktor yang
memungkinkan seorang karyawan yang berada pada bagian penjualan PT. Roda
Sakti Surya Megah Jember memiliki kecenderungan untuk tidak puas dalam
bekerja. Jika dilihat dari segi pendapatan, karyawan bagian penjualan relatif tidak
stabil dan cenderung berubah-ubah, hal tersebut dikarenakan penghasilan yang
mereka peroleh bergantung dari banyaknya penjualan yang mereka lakukan.
Selain itu, beberapa kemungkinan faktor lain yang dapat menyebabkan karyawan
pada bagian penjualan kurang puas dalam bekerja seperti persaingan yang tinggi
dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang penjualan motor, banyaknya
tekanan dan jumlah target yang harus dipenuhi, ataupun faktor lainnya. Untuk itu,
dalam hal motivasi perlu adanya perhatian yang lebih bagi karyawan bagian penjualan agar tetap bekerja di perusahaan dengan efektif dan efisien tanpa ada
rasa beban dalam pekerjaannya.
Teori Herzberg, faktor - faktor yang dapat memotivasi kayawan adalah
faktor intrinsik dan ekstrinsik. Penelitian ini akan berfokus pada teori dua faktor
Herzberg yaitu faktor instrinsik: kemajuan, prestasi, pengakuan, pertumbuhan,
kerja itu sendiri, tanggung jawab dan faktor ekstrinsik: administrasi dan kebijakan
perusahaan, hubungan dengan atasan, kondisi kerja, keamanan, gaji dan hubungan
antar karyawan serta bagaimana pengaruhnya bagi kepuasan kerja karyawan
bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi
linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari dua variabel independen yaitu
faktor intrinsik dan ekstrinsik Herzberg terhadap variabel dependen yaitu
kepuasan kerja karyawan bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah
Jember. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu dari jumlah
populasi sebanyak 76 dapat diperleh sampel sebanyak 43 karyawan. Analisis data
yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis
regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t) dan uji F (simultan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik
pada teori Herzberg secara parsial (uji t) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan kerja karyawan bagian penjualan PT. Roda Sakti Surya Megah dengan
nilai t hitung pada faktor intrinsik adalah sebesar 5,251 dan faktor ekstrinsik
adalah sebesar 2,216 dan diketahui nilai t tabel adalah sebesar 2,021 yang artinya
kedua nilai t hitung tersebut lebih besar dari t tabel. Uji Simultan (F) dalam
pengujian ini juga menggunakan tingkat signifikansi sebesar 0,05 (α=5%). Hasil
uji F dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara bersama – sama
berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai F adalah 59,537
dan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hasil tersebut menjelasakan secara simultan
adanya pengaruh faktor intrinsik dan ekstrinsik Herzberg terhadap kepuasan kerja
karyawan bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember.