PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di SDN
Jember Lor 05 kelas IV masih menggunakan metode ceramah dan penugasan saja
sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Proses pembelajaran menyebabkan
siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah, sehingga dilakukan penelitian
tindakan kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA pada pokok
bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan
media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil
belajar IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen
dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA
pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan
menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN jember Lor 05 tahun pelajaran
2011-2012, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan
menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 tahun pelajaran
201-2012. Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat
memberikan pembelajaran yang membangkitkan motivasi bagi siswa, karena melalui
pembelajaran ini siswa dapat melakukan aktivitas dan mengembangkan keterampilan
berfikirnya, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 13 perempuan.
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh
persentase aktivitas siswa klasikal siklus I 67,40% dalam kategori aktif dan siklus II
meningkat menjadi 76,90% dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil belajar
diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu untuk prasiklus
44,12% dengan 19 siswa belum tuntas. Pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar
73,53% dengan 9 siswa belum tuntas, dan siklus II sebesar 82,35% dengan 6 siswa
belum tuntas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama
pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli mengalami
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2)
pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jember Lor 05
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012.
Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) bagi siswa, metode dan media yang
telah digunakan menjadi cara alternatif yang dapat membuat siswa lebih aktif dan
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPA. (2) bagi guru, metode dan media
yang telah digunakan dalam penelitian dapat menjadi metode dan media alternative
sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. (3) bagi peneliti
lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu
yang baru sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa. (4) bagi Lembaga,
diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Jember Lor 05.