Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Jember Dalam Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah (Studi Kasus Peralihan Hak Atas Tanah)
Abstract
Kantor Pertanahan adalah sebuah organisasi Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah di Indonesia. Kegiatan pemeliharaan dan pendaftaran tanah adalah kegiatan untuk menyesuaikan data fisik dan data yuridis dalam peta pendaftaran, daftar tanah, daftar nama, surat ukur, buku tanah dan sertifikat dengan perubahan-perubahan yang terjadi kemudian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Jember dalam pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah yang dilihat dari indikator kinerja yakni Indikator Masukan (input), Indikator Proses (process), Indikator Keluaran (output), Indikator Hasil (outcome).
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Rumusan masalah yang digunakan adalah Bagaimana Kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Jember dalam Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah pada Peralihan Hak atas Tanah ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Wawancara dilakukan kepada pihak terkait yang berhubungan dengan obyek penelitian, yaitu Kepala Urusan Umum dan Kepegawaian, Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan, Kepala Subsi Pemberdayaan Masyarakat, Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Jember,
ix
dan Warga Masyarakat (pelanggan yang sedang mengurus sertifikat tanah) dengan metode observasi non-partisipasi sebagai metode pengambilan sampelnya. Telaah dokumen dilakukan terhadap dokumen maupun buku-buku pedoman yang berhubungan dengan topik penelitian. Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung mengenai pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yakni menguji data yang sejenis dari berbagai sumber dan tehnik analisis datanya adalah analisis interaktif dengan komponen analisis yakni reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Jember dalam pelayanan pemeliharaan dan pendaftaran tanah pada peralihan hak atas tanah umumnya sudah berjalan dengan baik dari tahun ke tahun. Hal ini ditunjukkan dengan tolak ukur sebagai berikut, indikator masukan (input) meliputi sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelayanan pemeliharaan data pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan Jember agar pelayanan dapat berjalan dengan baik untuk menghasilkan keluaran sudah cukup terpenuhi, indikator proses (process) meliputi prosedur pelaksanaan dan standar waktu dalam pemeliharaan data pendaftaran tanah sudah cukup bagus dan memuaskan namun terkendala oleh sistem aplikasi yang sering error indikator keluaran (output) berupa keluaran fisik yaitu sertifikat tanah yang diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Jember yang meliputi: sertifikat hibah, akta jual beli, pewarisan atau wasiat, tukar-menukar, lelang, dan pembagian hak bersama, indikator hasil (outcome) berupa segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan (sertifikat tanah) pada jangka menengah yang mempunyai efek langsung .