• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL SUMBANG SARAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DI SDN TEMPUREJO 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Asmaningsih_1.pdf (798.9Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    DWI ASMANINGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Tempurejo 06 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa serta kurang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariatif . Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan model. Pendekatan dan model tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS menggunakan model sumbang saran dengan teknik kancing gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat di SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Sumbang Saran dengan Teknik Kancing Gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 12 vii laki-laki dan 8 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempurejo 06 Kecamatan Tempurejo, pada bulan September sampai bulan Nopember 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model sumbang saran teknik kancing gemerincing mengalami peningkatan dan tergolong kriteria aktivitas siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing, pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 65.94% dengan kategori aktif, dan pada siklus II mencapai 79,38% dengan kategori sangat aktif. Pembelajaran IPS dengan model sumbang saran teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Tempurejo 06. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 60 % Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya menjadi semangat belajar karena dengan pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing bisa menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, untuk guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakuka n dengan baik, untuk sekolah hendaknya dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap teknik-teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan oleh sekolah, untuk peneliti lain perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing serta mengkombinasikan dengan model mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10283
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository