| dc.description.abstract | Kegiatan   belajar   pembelajaran   di   SDN   Umbulsari   02   Jember  kurang 
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut 
disebabkan   selama   ini   guru   hanya   menggunakan   metode   ceramah   dikarenakan 
kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah.  Menurut hasil wawancara awal dengan 
siswa kelas IV bahwa  pada saat pembelajaran terutama pelajaran IPS, siswa selalu 
disuruh untuk menghafal materi dan mencatatnya pada buku tulis sehingga siswa 
merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk 
mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang 
bervariasi.
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu metode yang masing-
masing anggota kelompok secara acak ditugaskan untuk menjadi “ahli (expert)” pada 
suatu aspek tertentu dari materi, setelah membaca materi “ahli” dari kelompok berbeda 
berkumpul untuk mendiskusikan topik mereka dan kemudian kembali ke kelompok 
semula untuk mengajarkan topik yang mereka kuasai kepada teman sekelompoknya. 
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1)  Bagaimanakah penerapan  model 
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macam-
macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 
2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan 
model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw  pada mata pelajaran IPS pokok bahasan 
macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, 
dan (3)  Bagaimanakah peningkatan hasil belajar  siswa  melalui penerapan  model 
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam SDA  kelas IV  SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. 
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) 
Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS 
pokok bahasan macam-macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan  aktivitas belajar  siswa 
melalui penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw  mata pelajaran IPS 
pokok bahasan macam- macam SDA  kelas IV  SDN Umbulsari 02 Jember Tahun 
Pelajaran   2011/2012,   dan   (3)  Untuk   meningkatkan  hasil   belajar  siswa  melalui 
penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw  mata pelajaran IPS pokok 
bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 
2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember yang terdiri 
dari  30  siswa.  Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 
sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan 
dokumentasi.   Pengambilan data dilakukan mulai tanggal  29  Oktober  2011 sampai 
dengan 10 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 
Jember.. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,08% dalam kategori 
cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67,50% dalam kategori aktif. Persentase 
hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,67% dan pada siklus II hasil belajar siswa 
secara klasikal mencapai  71,17%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar  90% 
sehingga   secara   klasikal   memenuhi   Kriteria   Ketuntasan   Minimal   (KKM)   SDN 
Umbulsari 02 Jember. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas 
dan hasil belajarnya. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 
20,42%, sedangan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 7,50%. Oleh karena itu 
penelitian  di SDN Umbulsari 02 Jember  tuntas.  Beberapa saran berkaitan dengan 
pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sebaiknya 
guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan 
pelajaran IPS. | en_US |