Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 DI Sdn Sumberpinang 02 Jember
Abstract
Upaya pemerintah menyiapkan sumber daya manusia untuk siap
menghadapi tantangan di era globalisasi yaitu dengan cara mengganti kurikulum
2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 bertujuan untuk
mendorong siswa untuk mampu lebih baik dalam melakukan kegiatan bertanya,
observasi, menalar dan mengkomunikasikan apa yang mereka dapat dan mereka
ketahui setelah menerima materi pembelajaran dari guru. Salah satu model
pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa dapat
mengeksplorasi kreativitasnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM. Pentingnya model
pembelajaran PjBL terintegrasi STEM yaitu dapat mendorong para siswa untuk
mampu menerapkan pengetahuan siswa sehingga dapat menemukan suatu hal
yang baru, mahir dalam menggunakan teknologi dan mampu menyelesaikan suatu
permasalahan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberpinang 02 Jember. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian quasi experimental dengan menggunakan pola
pretest-post test control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas
5A (20 siswa) dan kelas 5B (20 siswa). Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan
uji homogenitas dengan menggunakan data nilai UTS. Hasil uji homogenitas