• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 DI Sdn Sumberpinang 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ARIS RENANDIKA - 160210204110.pdf-.pdf (6.022Mb)
    Date
    2020-08-26
    Author
    RENANDIKA, Aris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya pemerintah menyiapkan sumber daya manusia untuk siap menghadapi tantangan di era globalisasi yaitu dengan cara mengganti kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong siswa untuk mampu lebih baik dalam melakukan kegiatan bertanya, observasi, menalar dan mengkomunikasikan apa yang mereka dapat dan mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran dari guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa dapat mengeksplorasi kreativitasnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM. Pentingnya model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM yaitu dapat mendorong para siswa untuk mampu menerapkan pengetahuan siswa sehingga dapat menemukan suatu hal yang baru, mahir dalam menggunakan teknologi dan mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberpinang 02 Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian quasi experimental dengan menggunakan pola pretest-post test control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5A (20 siswa) dan kelas 5B (20 siswa). Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai UTS. Hasil uji homogenitas
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102783
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository