• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN GARIS BILANGAN POKOK BAHASAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SDN PLALANGAN 06 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Agus Restiyani_1.pdf (139.6Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Dian Agus Restiyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan media yang ada sehingga siswa menjadi tidak aktif, mudah bosan, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya berbantuan garis bilangan pada siswa kelas III SDN Plalangan 06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya berbantuan garis bilangan pada siswa kelas III SDN Plalangan 06 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kemampuan menghitung perkalian dengan garis bilangan, bertanya, bekerja sama dengan kelompok heterogen dan menjawab pertanyaan dari guru. Aktivitas ini berdampak pada adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Plalangan 06 Kalisat dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2011 sampai dengan 23 Januari 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masingmasing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada pokok bahasan perkalian terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu bertanya mencapai nilai 76%, menjawab pertanyaan guru mencapai nilai 63%, bekerja sama dalam kelompok mencapai nilai 75% dan menggunakan garis bilangan mencapai nilai 75%. Aktivitas siswa pada siklus II yaitu bertanya mencapai nilai 86,46%, menjawab pertanyaan guru mencapai nilai 83,3%, bekerja sama dalam kelompok mencapai nilai 88,50% dan menggunakan garis bilangan mencapai nilai 85,4%. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 72,25% pada pembelajaran siklus I dan meningkat pembelajaran II di siklus II menjadi 85,92%. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang masih malu saat menjawab pertanyaan dari guru dan menggunakan garis bilangan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 81,25% dan meningkat pada siklus II yang mencapai 90,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada pokok bahasan perkalian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jika guru menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran sebaiknya dalam memilih seorang tutor yang mampu dan mau mengajarkan materi kepada siswa lain yang kurang mengerti. Guru juga harus memberikan arahan kepada tutor akan tanggungjawabnya dalam kelompok. Jika guru menggunakan garis bilangan sebagai media pembelajaran maka guru harus memberikan aturan main yang jelas sehingga siswa tidak kesulitan dalam menggunakan garis bilangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10278
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository