Pengaruh Customer Experience Terhadap Electronic-Word Of Mouth Melalui Kepuasan Konsumen pada Wisata Taman Botani Sukorambi Jember
Abstract
Kabupaten Jember memiliki banyak wisata yang dikenal dengan
keindahan alamnya, namun hanya sedikit wisata yang berbasis edukasi salah
satunya yaitu Wisata Taman Botani Sukorambi Jember, wisata ini melakukan
penanaman dengan sistem hidroponik yaitu penanaman tanpa menggunakan tanah
sebagai media tanamnya. Konsep edukasi tersebut bisa bermanfaat bagi
pengunjung yang datang untuk belajar tentang penanaman dengan sistem
hidorponik, dengan konsep tersebut tentunya dapat menciptakan pengalaman
konsumen yang dapat memberikan kepuasan konsumen dan tercipta rekomendasi
melalui Elektronic-Word of Mouth.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Customer
Experience terhadap Elektronic-Word of Mouth melalui kepuasan konsumen pada
Wisata Taman Botani Sukorambi Jember. Metode pengambilan data dilakukan
dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan
teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Experience berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Taman Botani Sukorambi
Jember, Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Elektronic-Word
of Mouth pada Wisata Taman Botani Sukorambi Jember, kepuasan konsumen
berpengaruh signifikan terhadap Elektronic-Word of Mouth pada Wisata Taman
Botani Sukorambi Jember, Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap
Elektronic-Word of Mouth