Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di SDN Sumbersari 03 Jember
Abstract
Perkembangan ilmu Pendidikan memberikan pengaruh positif dan negatif
bagi masyarakat Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan agar dapat bersaing yaitu
meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Meningkatkan kualitas
SDM dalam Pendidikan bisa dilakukan dengan cara meningkatkan hasil belajar
siswa. Agar hasil belajar siswa bisa meningkat, maka harus diperbaiki dalam
proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipilih harus tepat dan
diterapkan dengan benar. Metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement
Division). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Division) adalah pembelajaran yang membentuk siswa berkelompok
secara struktur terdiri dari 4-6 anggota setiap kelompok. Anggota setiap kelompok
dipilih secara heterogen. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, aktif, kreatif, dan
menyenangkan bagi siswa, sehingga berpengaruh meningkatkan hasil belajar
siswa.