Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSANTO, Arnis Budi
dc.contributor.advisorPUSPITASARI, Novi
dc.contributor.authorTUTUPOHO, Rahmatullah Umara Putri
dc.date.accessioned2020-12-16T03:41:51Z
dc.date.available2020-12-16T03:41:51Z
dc.date.issued2020-09-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102712
dc.description.abstractPada hakekatnya ekonomi Islam terletak pada penyikapan manusia terhadap harta, semua perilaku manusia dalam mencari harta (produksi), menyimpan harta (mengelola kekayaan) dan membelanjakan hartanya (konsumsi). Perilaku konsumen merupakan tahapan-tahapan langkah yang ditempuh dan dilakukan oleh seseorang/individual atau kelompok orang dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh motivasi menghindari riba, kualitas pelayanan dan pengetahuan produk. Variabel motivasi menghindari riba terdiri dari 3 dimensi yaitu: kebutuhan bertransaksi sesuai syariah, kebutuhan agar hartanya bersih dari riba dan pengetahuan tentang bahaya riba. Variabel kualitas pelayanan terdiri dari 5 dimensi yaitu: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan simpati. Variabel pengetahuan produk terdiri dari 5 dimensi yaitu: pengetahuan tentang karakteristik, pengetahuan tentang manfaat, pengetahuan tentang risiko dan pengetahuan tentang kepuasan. Variabel keputusan menjadi nasabah terdiri dari 5 dimensi yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi sebelum membeli, pemilihan alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pascabeli. Teori yang digunakan adalah teori perilaku konsumen muslim yang didalamnya terdapat konsep berkat/keberkatan dan konsep maslahah serta didukung dengan QS. An-Nisa’ [4]:29, QS. An-Nahl [16]:91 dan QS. Al-Mujadilah [58]:11. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi menghindari riba, kualitas pelayanan dan pengetahuan produk terhadap keputusan menjadi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dari penelitian ini adalah nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember berjumlah 1.656 orang tercatat per 1 Juni 2020. Sampel yang dipilih sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Motivasi menghindari riba berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (0,001 < 0,05), kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (0,010 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi menghindari riba, kualitas pelayanan dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi s1 Ekonomi Syariah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160810102007;
dc.subjectmotivasi menghindari ribaen_US
dc.subjectribaen_US
dc.subjectekonomi islamen_US
dc.subjecthartaen_US
dc.subjectmanusia hartaen_US
dc.subjectperilaku manusia mencari harta (Produksi)en_US
dc.subjectmenyimpan hartaen_US
dc.subjectmengelola kekayaanen_US
dc.subjectmembelanjakan hartanyaen_US
dc.subjectkonsumsien_US
dc.titlePengaruh Motivasi Menghindari Riba, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah DI Bprs Bhakti Sumekar Cabang Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi8101020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record