PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI SDN PADOMASAN 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012
Abstract
Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan
ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran
mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih
sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran
dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan
tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang
menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena
guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga
hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.
SDN Padomasan 01merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar
yang terletak di Kecamatan Jombang Kabupaten Jember yang masih menggunakan
metode ceramah serta media buku paket dan LKS. Berdasarkan hasil obsevasi dan
wawancara dengan guru kelas IV SDN Padomasan 01 dapat diperoleh rumusan
masalah yaitu : 1). bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPS pokok bahasan
Suku Bangsa dan Budaya kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang
Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran?
2) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01
Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan
Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya?
3)bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SDN
Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012
melalui penerapan Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku
Bangsa dan Budaya? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk
mengetahui langkah-langkah penerapan Video Pembelajaran siswa kelas IV SDN
Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012.
2)meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan
Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video
Pembelajaran . 3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01
Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan
Video Pembelajaran
Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Video Pembelajaran dan
desain dari penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan melalui
empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam
penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3
orang observer.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa, diketahui pada siklus 1
presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,88% sedangkan pada siklus 2
presentase yang diperoleh mencapai 83,33%, dari hasil tersebut tersebut
menunjukkan peningkatan motivasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,45%.
Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64,70% dari 34 siswa,
22 siswa telah tuntas dan 12 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar
siswa pada siklus 2 mencapai 82,35% dari 34 siswa, 28 siswa telah tuntas dan 6
siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa
dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 17,65%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan video pembelajaran
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
IPS pokok bahasan suku bangsa dan budaya di SDN Padomasan 01 Kecamatan
Jombang kabupaten Jember. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan Video
Pembelajaran yaitu guru harus senantiasa menggunakan pengetahuan dan
keterampilan serta penggunaan media pembalajaran untuk mengembangkan susana
pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.