Pengaruh Penerapan Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV di SDN 3 Panderejo Banyuwangi
Abstract
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner nilai siswa lebih meningkat. Hal
ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 85 dan rata-rata nilai
pada kelas kontrol yaitu 51. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan
dengan SPSS, nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,989. Harga ttabel dengan db=
34 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05 adalah 0,339. Hasil analisis menunjukkan
bahwa thitung > ttabel atau 7,96 > 0,339 sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penerapan teori Bruner terhadap hasil belajar
pokok bahasan keliling bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga pada
siswa kelas IV SDN 3 Panderejo Banyuwangi.