Analisis Karakteristik Kecerdasan Logis-matematis Anak Penyandang Autisme Usia 4-5 Tahun
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian mengenai karakteristik kecerdasan logismatematis yang ditunjukkan pada 3 anak penyandang autisme sebagai subjek,
dapat disimpulkan anak penyandang autisme dengan kategori berat dalam minat
terhadap angka dapat membilang angka sebagai hasil pembiasaan, keahlian dalam menggunakan logikanya dengan pola satu langkah seperti hanya terpaku pada satu
tujuan dan tidak terstruktur atau acak, kemampuan logika anak juga terlihat ketika
anak memperoleh kegiatan yang melibatkan kemampuannya dalam mengenal
berbagai perbedaan dari suatu pola, berinisiatif, dan berencana. Rasa
keingintahuan anak tidak diungkapkan dengan ucapan karena kendala komunikasi
yang dimiliki anak, anak mengamati dan memegang benda yang ingin di
ketahuinya. Kemampuan anak memanipulasi lingkungannya ditunjukkan melalui
kemampuan anak menyusun benda dan memainkan benda sesuai keinginannya
tanpa menghiraukan sekitarnya, kecenderungan anak dalam bermain permainan
konstruktif lebih pada permainan yang tidak berpola, kemampuan anak
mengkategorikan benda masih belum terlihat dan anak juga masih belum mampu
menyusun benda secara hierarki.