Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Solving Berbasis Jumping Task Pada Pokok Bahasan Perpangkatan Dan Bentuk Akar Serta Pengaruhnya Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Smp
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat oleh guru merupakan salah satu
faktor keberhasilan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
merangsang Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa yang berorientasi pada
masalah adalah pembelajaran problem solving. Lesson study adalah sebuah
pendekatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran. Salah satu
penerapan Lesson study adalah pembelajaran berbasis jumping task.. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat
pembelajaran problem solving berbasis jumping task pada pokok bahasan
perpangkatan dan bentuk akar serta penerapannya terhadap higher order thinking
skills siswa SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods yaitu kombinasi dari metode
kualitatif dan metode kuantitatif. Pada tahap awal penelitian menggunakan metode
kualitatif yaitu penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yaitu tahap
pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop),
tahap penyebaran (disseminate). Tahap selanjutnya metode kuantitatif yakni
penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran yang
dikembangkan terhadap higher order thinking skills siswa. Subjek penelitian
pengembangan adalah siswa kelas IX G (28 siswa) dan subjek penelitian eksperimen