PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTHINK PAIRSHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWAKELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan
wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai
dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin
Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.
Hasil dalam penelitian ini, kemampuan menulis argumentasi dengan
penerapan Think Pair Share menggunakan media surat kabar mengalami
peningkatan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 16%, pada siklus I
meningkat 53% dan pada siklus II juga meningkat 89% sehingga secara klasikal
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMK Al-Muttaqin Jember. Hal
ini ditunjang keaktifan guru yang meningkat dari 80% menjadi 93%. Proses Think
Pair Share juga meningkat dari 78% menjadi 95% dan keaktifan siswa juga
meningkat dari 89% menjadi 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa
mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan menulis
karangan argumentasi.