Strategi Pemasaran Senyum Media Stationery Jember
Abstract
Senyum Media Stationery Jember merupakan salah satu bisnis ritel di
Jember yang menjual kebutuhan alat tulis kantor (ATK). Berdiri pada tanggal 02
Juli 1987. Perusahaan tersebut memperoleh produk alat tulis kantor langsung dari
distributor tanpa melalui perantara. Lokasi Senyum Media berada di Jalan
Kalimantan No. 07 Jember.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penentuan informan didasarkan memalui teknik purposive yang artinya
peneliti memilih informan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi
kepustakaan kepada objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah
analisis yang digunakan untuk memperoleh gambaran umum pada objek
penelitian. Sedangkan analisis taksonomi adalah yang telah ditetapkan oleh
peneliti dapat diurai secara lebih rinci dan mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Senyum Media Stationery Jember
melakukan strategi pemasaran yang meliputi segmentation, targetting, dan
positioning (STP) dan bauran pemasaran yang terdiri dari 7p (product, price,
place,promotion, people, proces, dan physical evidence). Perusahaan
menggelompokkan pasar atau segmentation yang ditujukan untuk semua kalangan
masyarakat atas sesuai dengan variasi produk alat tulis kantor, targetting pada
Senyum Media yaitu pelajar, mahasiswa dan pegawai kantor, dan positioning dari
produk Senyum Media adalah toko alat tulis kantor harga termurah serta
terlengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Produk yang dijual adalah alat
tulis kantor dan pelengkapan kebutuhan sehari – hari sebagai pelengkap seperti
peralatan rumah tangga, furniture, kosmetik dan lain sebagainya. Strategi produk
yang dilakukan adalah dengan cara menjual berbagai macam produk alat tulis
kantor sehingga memudahkan konsumen dalam memilih produk yang diinginkan.
Harga produk cukup terjangkau untuk semua kalangan serta adanya potongan
harga yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Senyum Media
memilih lokasi strategis untuk tokonya agar memudahkan jangkauan konsumen
untuk datang berbelanja. Promosi yang dilakukan menggunakanAdvertising yaitu
dengan media offline dengan memasang spanduk atau banner disekitar toko dan
media online menggunakan website Senyummedia.co.id, Instagram, Shopee,
tokopedia dengan cara membagikan foto atau video guna menarik konsumen.
Tidak hanya itu, Senyum Media juga menggunakan sales promotion dalam
mempromosikan produknya.
People Senyum Media adalah dengan merekrut karyawan yang telah
memiliki pengalaman terutama pada bidang pemasaran. Proces pada produk
Senyum Media yaitu dengan melakukan pembelian barang pada distributor secara
langsung agar tidak terjadi rantai pasokan yang panjang dan mendapat harga yang
lebih murah serta dapat memilih produk – produk yang berkualitas. Physical
evidence pada Senyum Media yaitu memiliki fasilitas yang memadai seperti
ruangan yang bersih dan berAC, tata letak display barang yang ditata dengan rapi,
keranjang belanja untuk membawa barang yang akan dibeli, sehingga
memberikan kenyamanan pada konsumen saat berbelanja.