MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo pada
tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011 yang terdiri atas 30 siswa. Siswa
dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian keterampilan berbicara siswa dan aktivitas siswa saat melakukan kegiatan
diskusi. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46% dan penilaian
keterampilan berbicara siswa secara individu mencapai 51,43% serta presentase
ketuntasan klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal
mencapai 67,43%, dan penilaian keterampilan berbicara siswa secara individu
mencapai 94,29% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 77% sehingga telah
memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MTs Negei 1 Situbondo.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
keterampilan berbicara dan aktivitas belajar dalam kegiatan diskusi. Peningkatan
aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,43% sedangkan hasil
belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 42,86%. Penerapan
model Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana belajar yang
aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan
melatih keterampilan berbicara siswa dengan cara pembentukan kerjasama yang baik
sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat
meningkatkan keakraban siswa.