• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Generalisasi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah R-Dynamic Vertex Coloring

    Thumbnail
    View/Open
    Lelita Oktafianti Harjito - 180220101004.pdf (3.565Mb)
    Date
    2020-01
    Author
    HARJITO, Lelita Oktafianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan generalisasi sangat dibutuhkan dalam setiap pembelajaran. Namun dalam pembelajaran masih belum memaksimalkan keterampilan generalisasi pada mahasiswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan diterapkan Problem Based Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa. Problem Based Learning adalah sebuah stategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan kemampuan berpikir serta keterampilan memecahkan masalah dengan menggunakan langkahlangkah ilmiah untuk mengintegrasikan ilmu baru. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang menggabungkan antara kualitatif dan metode kuantitatif atau bisa disebut metode gabungan. Penelitian ini melibatkan 62 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 32 mahasiswa dari kelas eksperimen dan 30 mahasiswa dari kelas kontrol. Hasil dari penelitian akan diperoleh melalui pretest dan postest. Langkah awal yang dilakukan sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran adalah menentukan kelas pengembangan sebagai acuan atau dasar pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pada penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Analisis data menggunakan statistik kuantitatif dengan aplikasi SPSS untuk menemukan perbedaan dari hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa p-value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan perangkat pembelajaran matematika x berdasarkan Problem Based Learning terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa. Keterampilan generalisasi dibagi menjadi 4 level, yaitu level very high, high, average, dan low. Hasil pekerjaan mahasiswa digunakan untuk mengetahui alur berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan kajian r-dynamic vertex coloring. Tindakan yang dilakukan yaitu melakukan wawancara terhadap hasil pekerjaan mahasiswa. Monograf berisi penjelasan konsep r-dynamic vertex coloring. Selain itu monograf juga memuat aktivitas atau langkah-langkah riset yang dapat membantu mahasiswa untuk menemukan r-dynamic vertex coloring. Monograf terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu definisi graf, jenis graf, pewarnaan r-dynamic vertex coloring, tinjauan hasil penelitian terdahulu, penemuan pengembangan pola baru, dan generalisasinya dari penulis serta pola-pola yang telah ditemukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa di kelas eksperimen. Mahasiswa di kelas eksperimen menunjukkan keterampilan generalisasi mereka lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa dan keterampilan generalisasi dilihat dari postest. Nilai kelas eksperimen lebih baik karena dalam meningkatkan keterampilan generalisasi mahasiswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102529
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository