Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Generalisasi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah R-Dynamic Vertex Coloring
Abstract
Keterampilan generalisasi sangat dibutuhkan dalam setiap pembelajaran.
Namun dalam pembelajaran masih belum memaksimalkan keterampilan
generalisasi pada mahasiswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan diterapkan
Problem Based Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan
generalisasi mahasiswa. Problem Based Learning adalah sebuah stategi
pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan kemampuan
berpikir serta keterampilan memecahkan masalah dengan menggunakan langkahlangkah
ilmiah untuk mengintegrasikan ilmu baru. Metode penelitian yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang menggabungkan antara
kualitatif dan metode kuantitatif atau bisa disebut metode gabungan.
Penelitian ini melibatkan 62 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 32 mahasiswa dari kelas
eksperimen dan 30 mahasiswa dari kelas kontrol. Hasil dari penelitian akan
diperoleh melalui pretest dan postest. Langkah awal yang dilakukan sebelum
mengembangkan perangkat pembelajaran adalah menentukan kelas pengembangan
sebagai acuan atau dasar pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan
perangkat pada penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan yang terdiri dari
empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), dan penyebaran (disseminate). Analisis data menggunakan statistik
kuantitatif dengan aplikasi SPSS untuk menemukan perbedaan dari hasil belajar
dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa p-value 0,000 < 0,05 maka Ho
ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan perangkat pembelajaran matematika
x
berdasarkan Problem Based Learning terhadap keterampilan generalisasi
mahasiswa. Keterampilan generalisasi dibagi menjadi 4 level, yaitu level very high,
high, average, dan low. Hasil pekerjaan mahasiswa digunakan untuk mengetahui
alur berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan kajian r-dynamic vertex coloring.
Tindakan yang dilakukan yaitu melakukan wawancara terhadap hasil pekerjaan
mahasiswa.
Monograf berisi penjelasan konsep r-dynamic vertex coloring. Selain itu
monograf juga memuat aktivitas atau langkah-langkah riset yang dapat membantu
mahasiswa untuk menemukan r-dynamic vertex coloring. Monograf terbagi
menjadi beberapa bagian, yaitu definisi graf, jenis graf, pewarnaan r-dynamic
vertex coloring, tinjauan hasil penelitian terdahulu, penemuan pengembangan pola
baru, dan generalisasinya dari penulis serta pola-pola yang telah ditemukan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
penerapan Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keterampilan generalisasi mahasiswa di kelas eksperimen. Mahasiswa di kelas
eksperimen menunjukkan keterampilan generalisasi mereka lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar mahasiswa dan keterampilan generalisasi dilihat dari
postest. Nilai kelas eksperimen lebih baik karena dalam meningkatkan
keterampilan generalisasi mahasiswa.